Heritage

 Hari ini dapat 'ping' BBM dari keluarga dekat, masih kakak perempuan abi (suami saya).. Ngajakin gabung di grup keluarga named "Cucu Sahilin".   Itu berarti grup ini berisi 'family tree' tentang cucu 'nek anang' Sahilin.. Ya.. perkenalkan itulah nama nenek lanang (kakek) kami dari abinya. Beliau sudah meninggal tahun 2008 yang lalu (kalau saya tidak salah ingat).

Menurut cerita abi, Nek Anang ini orangnya disiplin, tegas tapi tetap bisa menunjukkan rasa sayang dengan cucunya, terutama dengan abi Izzah, karena itu yang abi rasakan. Mungkin karena didikan Nek Anang yang berkesan di hati anak-anak dan cucu-nya inilah yang membuat keinginan kuat dari anaknya untuk berinisiatif mengabadikan (kalau boleh dikatakan klan) Sahilin. Untuk mengingatkan kepada anak dan cucu serta cicit keturunan nantinya, tentang siapa nenek moyang mereka, siapa keturunan mereka, dan siapa keluarga besar mereka.

Hal ini menarik, mengingat pola hidup perkotaan sekarang, yang sudah membudayakan kebebasan dalam bergaul dan bergerak, sehingga semua orang bebas untuk memilih hidup dan tinggal dimana.  Bahkan sudah menjadi hal yang lumrah ketika satu keluarga yang anaknya 10, ketika anak-anaknya sudah dewaasa dan berkeluarga, serta mempunyai kehidupan sendiri, akan berpisah dengan keluarga besar lainnya, keluar kota atau bahkan keluar negeri.  Kesempatan untuk bertemu keluarga pun berkurang, walau pun teknologi sudah bisa menjembatani yang jauh untuk mendekat, dan yang dekat untuk merapat (ahai kayak tukang obat di pasar 16 Ilir Palembang jaman dulu..). Tapi tetap tidak bisa dipungkiri bahwa intensitas komunikasi lah yang akan menentukan dekat tidaknya anggota keluarga tersebut, walaupun mereka dipisahkan jarak.

Bisa jadi saudara sepupu (ibu/ayahnya bersaudara)-pun sudah akan sulit dikenali kalau hubungan komunikasi saja tidak dijaga.  Maka mungkin inilah alasan kenapa ide membuat web heritage ini dilakukan.

Siapa tahu 10 atau 20 tahun yang akan datang, akan muncul anak cucu dari anak-anak Nek Anang yang jadi pengusaha sukses (aamiin), atau pejabat tinggi (aamiin), atau pejabat negara (aamiin) atau apapun profesi yang membuat mereka terkenal di masyarakat.  Dan mereka akan dikenalkan sebagai seseorang yang hidup dan dibesarkan dalam lingkungan keluarga Nek Anang, Sahilin, yang cerita tentang keluarga ini bisa mereka dapatkan dengan mudah melalui web tersebut..

Semoga risalah keluarga Nek Anang ini akan berkesan bagi kita keluarga besar dan bagi semua yang membacanya nanti.. Semoga Keluarga besar ini membawa efek dan hawa positif bagi lingkungannya.. Semoga Keluarga ini menjadi keluarga yang sukses di dunia dan akhirat.. Tak lupa kita berdo'a Semoga keluarga kita didunia ini juga akan menjadi keluarga besar kita di syurga-Nya nanti.. Maka sejahterakanlah kami didunia dan pertemukanlah kami di syurga-Mu Ya ALLAH..  Jadikanlah anak keturunan kami sebagai anak yang sholih, sholihah dan muslih. Jadikanlah anak-anak kami penyejuk mata hati kami Ya ALLAH.. Aamiin Ya Rabbal 'alamin..

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Ternyata ini kebiasaan jorok para artis...

Seni Ketidakmungkinan

PKS SETELAH KEPEMIMPINAN ANIS MATTA