Keterampilan Menulis Buat Emak-emak

Keterampilan menulis adalah keterampilan menuangkan ide, gagasan, manfaat, cerita atau apapun dalam bentuk tulisan. Itu kalo menurut saya yaa.. keterampilan menulis adalah satu hal, emak-emak adalah hal lainnya yang lebih besar.. hehehe.. Sepertinya ketrampilan menulis ini cukup menantang buat emak-emak, mungkin kalo di ranking, peringkatnya setelah belajar mengemudi yang baik dan benar dijalan raya. No tersinggung ya mak.



Menurut pengamatan saya, disuruh menulis itu saja gak mudah, apalagi yang disuruh nulis itu emak-emak, yang notabene, sepengetahuan saya, adalah makhluk yang sangat ahli dan cerdas dalam berkomunikasi secara lisan.. Kalo gak percaya boleh liat video nya ustadz Salim A. Fillah berikut.. hahaha.. tanggung pasti lo semua ketawa ngakak.. Bukan mentertawakan beliau (Salim A. Fillah), tapi pada hakikatnya mentertawakan diri sendiri, karena pasti kite yang emak-emak ini sering berbuat begitu dirumah, terhadap suami.. 



Saya akui, lebih mudah untuk berbicara memang, lebih mudah untuk ngomong, dibandingkan harus menggoreskan tinta pena ke atas lembaran kertas putih yang bersih, atau bahkan harus menekan keyboard laptop yang susunan hurufnya sudah tidak terlalu hafal lagi. Kecuali saat mata pelajaran keterampilan mengetik di SMP dulu (kebayangkan generasinya tahun kapan, kalo generasi sekarang dah gak main mesin tik, komputer say..). 

Lebih mudah mengungkapkan kemarahan itu secara lisan, daripada tulisan, kalo gak percaya coba deh.. kalo saya keburu ilang tu rasa.. Lebih mudah mengkritik secara lisan daripada tulisan, makanya si emak-emak lebih memilih share komen atau tulisan seseorang di facebook atau blog, pake hastag #guabangett, dibanding harus menulis sendiri perasaan yang sama.





Saya selaku emak-emak, #penegasan, kalo babnya sudah disuruh menulis.. Subhanallah.. sangat menguji nyali. Jadi kalo sudah berhasil saja dengan satu tulisan, itu adrenalin dah naik, gak bisa dihentikan. Dan dipastikan itu gak akan selesai sampai ditulisan, pasti akan saya sampaikan juga di pak suami, demi melegakan hasrat komunikasi lisan saya, soalnya kalo gak disalurkan, berasa ada yang kurang dalam hidup.. Ampuun daah..




Atau memang itu karena saya termasuk yang auditori ya? Tipe belajar yang selalu mengandalkan pendengaran, otomatis akan selalu jug amenyampaikan perasaan melalui lisan saya. Karena memang ada emak-emak yang bisa hanya dengan diam menyalurkan uneg-unegnya.. nah lo.. coba deh, ada lo teman saya yang biasa dengan diamnya. Nyaman dengan diamnya, bisa menyimpan sedemikian rupa perasaan dalam dirinya dengan diam. Tidak show off. Kok bisa ya? Bisa.. karena mungkin dia sudah nyaman dengan dirinya yang begitu.

Untuk keamanan rumah tangga, alangkah baiknya memang, kalo seorang istri mempunyai pelarian dalam mengungkapkan ide, gagasan, perasaan, apapun lah itu namanya. Tempat pertama tentunya, mengungkapkan kepada Allah, mengadu ke tempat yang benar, dijamin kamu gak akan salah pilih, kalo ngadunya sama Allah. Normally, kita juga akan mengadu kepada manusia, saudara atau suami bahkan teman yang bisa dijadikan 'tong tampung' masalah kita.  Alangkah baiknya buat yang sudah bersuami untuk membicarakan masalah hanya dengan suami, kebayangkan kalo suami istri gak lancar komunikasinya. Maka istri akan mencari tempat baru untuk menceritakan semua permasalahan, ide ataupun pendapatnya.



Menulis bisa dijadikan salah satu referensi dalam mengungkapkan pendapat. Sudah banyak cerita orang-orang terdahulu yang bermain dengan tulisan, bahkan bisa berguna bukan hanya bagi dirinya, tapi juga bermanfaat sepanjang masa, karena gagasannya tersebut long life, bisa dibaca oleh siapapun dan kapanpun, walau kehadirannya sudah tidak ada lagi di muka bumi ini.

Menulis juga sebagai upaya mencerdaskan emosi, memilih dan memilah kata, karena kita diharuskan memilih kata yang tepat dalam penggunaannya, dalam penyampaian ide, karena kesalahan bahasa, bisa mengakibatkan kesalahan makna yang ditangkap oleh pembaca. Apalagi buat emak-emak nih ya.. kalo ngomong sukanya beribet, tidak terstruktur, ngelantur, nah kalo ini dituangkan dalam tulisan, otomatis juga menguji keterampilan berfikir, gimana walaupun bahasanya ngelantur, tetap bisa dimengerti oleh orang lain.. Hehehe.. seperti saya ini nih sekarang..



Berusaha menuliskan apa yang ada dalam fikiran saya, dengan bahasa yang teratur dan pelan-pelan, walau faktanya masih semrawut juga.. dah gakpapa yaa.. kalo ada yang mau protes silahkan, kan saya baru nge-blog bu.. harap maklum ya.. kalo ada yang gak suka atau bingung, komen deh, biar kedepan bisa saya perbaiki.. #ngarep

Dah gitu aja kali ya.. dah kepanjangan juga ini. Next, insyaAllah kita share tips-tips menulis buat emak-emak pemula seperti kite-kite ini.. sebenarnya bukan tips juga.. soalnya saya juga baru mulai.. Ancer-ancer deh.. ancer-ancer buat kita biar mau menuangkan ide dalam tulisan.. Gituuu..

Wallahu'alam.. See You..



Komentar

Postingan populer dari blog ini

Ternyata ini kebiasaan jorok para artis...

Seni Ketidakmungkinan

PKS SETELAH KEPEMIMPINAN ANIS MATTA